August 25, 2019

Neti Suriana; Merangkai Kata Merajut Kisah Menebar Inspirasi


Merangkai Kata Merajut Kisah Menebar Inspirasi, demikian bunyi tagline yang menarik perhatian saya ketika mengunjungi blog www.netisuriana.com.

Adalah Neti Suriana, owner blog tersebut yang kukenal lewat sebuah grup WhatsApp. Perempuan kelahiran Baturijal, 25 Januari 1984 ini merupakan lulusan Prodi Budidaya Pertanian, Fakultas Pertanian, Universitas Gadjah Mada yang saat ini bekerja sebagai Pendamping Sosial PKH (Program Keluarga Harapan). 

Selain hobi jalan-jalan, membaca, dan berkebun, anak ke-2 dari 5 bersaudara ini ternyata juga aktif dalam dunia liteasi Indonesia. Tagline yang terpampang di sudut atas blog yang dikelola beliau sangat menggambarkan semangat beliau dalam menebar inspirasi bagi orang-orang. Menginspirasi bukan hanya lewat tulisan-tulisan yang ia terbitkan di blog, tetapi juga lewat karya nyata dalam bentuk buku. YUP! ternyata wanita yang juga dikenal dengan nama pena Aura Husna dan Neti S. ini telah menerbitkan setidaknya 9 buku terhitung dari tahun 2011 hingga sekarang. Wow, luar biasa membanggakan!

Buku-buku karya mbak Neti ini rata-rata merupakan buku-buku inspirasi islami untuk pengembangan diri, hingga beberapa buku tentang pertanian dan bercocok tanam.

Mbak Neti, berpose dengan buku-bukunya
Nah, penasaran dong dengan sederet karya keren wanita yang mengidolakan Asma Nadia dan Andrea Hirata ini. Yuklah kita tilik beberapa bukunya;

Ketika Merasa Allah Tidak Adil (GPU, 2012)

Buku setebal 183 lembar terbitan Gramedia Pustaka Utama pada Mei 2012 ini berisi tentang "Tips dan trik terbaik untuk bangkit dari kegelisahan menjadi insan bahagia yang penuh syukur" yang ditulis oleh Aura Husna; nama pena mbak Neti Suriana. Mbak Neti, lewat buku ini rupanya ingin menyalurkan motivasi positif kepada pembaca, bahwa sesulit apapun masalah yang kita hadapi, ingatlah  selalu ada hikmah dibaliknya.

Kaya dengan Bersyukur (GPU, 2013)

Cover Buku "Kaya dengan Bersyukur"

"Menemukan Makna Sejati Bahagia & Sejahtera dengan Mensyukuri Nikmat Allah"

Begitulah kalimat menarik yang terpatri di cover hijau buku terbitan GPU 2013 ini. Masih menggunakan nama pena Aura Husna, lewat buku 'Kaya dengan Bersyukur' mbak Neti ingin menginspirasi sekaligus memotivasi pembaca dengan mengangkat tema 'syukur'. Tentu sangat menarik ketika kita bicara soal kaya, kekayaan, yang ujung-ujungnya kerap dikaitkan dengan harta. Namun, apa sih arti kaya yang sesungguhnya? Benarkah kaya bisa dengan bersyukur? Wah, wajib baca nih bukunya. :)

Source: twitter @Aura_Husna

Sedekah, Hidup Berkah Rezeki Melimpah (Albanna Publishing, 2013)

Buku ini masuk dalam kategori Buku Islam Populer (Nama Pena: Neti Suriana dan Neti S.).Dalam menulis buku ini, Mbak Neti berkolanorasi dengan Candra Himawan, buku setebal 149 halaman ini ini berbicara banyak tentang sedekah, yang dapat membawa keberkahan di dalam hidup manusia. Sebuah buku motivasi yang bagus untuk dibaca guna memperdalam ilmu.

Beberapa karya lainnya yang dikategorikan sebagai buku islam populer karya Mbak Neti, seperti:
  • Do'a Penenang Hati (Rumah Ide, 2011)
  • Sunnah Harian Rasul (Caesar Media Pustaka, 2015) 

Nah tak hanya menerbitkan buku-buku islami inspiratif, mbak Neti juga telah menerbitkan beberapa buku tentang bercocok tanam dan pertanian, loh. Yah, sesuai dengan latar belakangnya, karena beliau dulunya memang berkuliah di jurusan Budidaya Tanaman.

  • Bawang Bawa Untung, Budidaya Bawang Merah dan Bawang Putih (Cahaya Atma, 2011) 
  • Cabe Sehat Berkhasiat (Andi Publishing, 2013).
  • Budidaya Cabai di Lahan Sempit (Infra Pustaka, 2013) 
  • Panduan Lengkap dan Praktis Budidaya Cabai Rawit yang Paling Menguntungkan (Garuda Pustaka, 2019)

Untuk mengenal mbak Neti lebih lanjut, kalian bisa ngepoin sosial media beliau di:
Facebook: Neti Suriana

Tambahkan Komentar
EmoticonEmoticon