April 04, 2017

Teks Laporan Observasi: OBSERVASI PERPUSTAKAAN SMA NEGERI 3 KOTA BENGKULU



MOTTO


Satu hari tanpa buku
sama dengan
satu tahun di masa tuatanpa kebahagiaan








Kata Pengantar

Assalamualaikum Wr. Wb.
Puji syukur kami ucapkan atas kehadirat Allah SWT Tuhan pencipta dan pemelihara alam semesta. Atas berkah, rahmat dan karunia-Nyalah kami masih bisa diberi kesempatan dan diberi ilmu pengetahuan yang berlimpah untuk dapat menyelesaikan tugas observasi ini dengan baik. Salawat beriring salam selalu tercurahkan pada nabi kita Muhammad SAW yang telah membawa kita dari zaman jahiliyah menuju dunia yang penuh teknologi seperti sekarang.
Ucapan terima kasih tak lupa kami ucapkan kepada guru pembimbing mata pelajaran bahasa Indonesia ibu Desi Afrianti yang dengan sabar telah memberikan ilmu pengetahuan pada kami, juga pada teman-teman sekalian yang telah mendukung dan memberi informasi pada kami untuk dapat menyelesaikan laporan observasi ini. Ucapan terima kasih khusus untuk ibu Lisda selaku penjaga perpustakaan yang telah menyempatkan waktu untuk diwawancarai.
Dengan kerendahan hati, kami menyadari masih banyak sekali kekurangan-kekurangan yang terdapat pada hasil observasi ini dikarenakan terbatasnya pengetahuan dan informasi yang kami miliki. Kritik dan saran yang bersifat membangun sangat kami harapkan dari pembaca. Akhir kata, kami ucapkan selamat membaca dan semoga laporan ini bermanfaat untuk kita semua.








Bengkulu, 22 november 2014

Anisa, Freisty, Sherly







DAFTAR ISI

Halaman judul                                                                                 1
Motto                                                                                               2
Kata Pengantar                                                                                3
Daftar Isi                                                                                         4
BAB I PENDAHULUAN
A.   Latar Belakang                                                                                           5
B.     Tujuan Kunjungan                                                                                     5
C.     Manfaat Kunjungan                                                                                   5
BAB II LAPORAN HASIL KUNJUNGAN                                                    6
BAB III KESIMPULAN DAN SARAN
A.    Kesimpulan                                                                                                9
B.     Saran                                                                                                          9
Lampiran-lampiran gambar                                                                             10







BAB I: PENDAHULUAN


A.    LATAR BELAKANG
Perpustakaan merupakan tempat dimana di dalamnya dikoleksi banyak buku-buku untuk dibaca ataupun dipinjamkan. Perpustakaan bisa ditemukan di mana-mana. Ada yang namanya perpustakaan nasional, perpustakaan provinsi dan  perpustakaan sekolah. Setiap sekolah biasanya mempunyai perpustakaan tempat buku-buku disimpan.
Di SMAN 3 sendiri juga mempunyai tempat penyimpanan buku, yaitu perpustakaan SMAN 3. Di sini juga tersimpan berbagai buku yang bisa dipinjam oleh siswa.
Orang bijak berkata bahwa “Membaca berarti membuka jendela dunia,” dan tempat terbaik untuk membaca adalah di perpustakaan. Perpustakaan sendiri merupakan “Gudang ilmu pengetahuan,” lalu sebenarnya apa manfaat dan tujuan adanya perpustakaan itu? Dan apa pengaruhnya serta peranan perpustakaan dalam membangaun bangsa menjadi lebih maju?
B.     TUJUAN LAPORAN
a.       Mengetahui minat siswa dalam membaca
b.      Mengetahui pentingnya membaca untuk siswa
c.       Pengaruh perpustakaan terhadap belajar siswa
d.      Peranan perpustakaan dalam pembelajaran siswa

C.     MANFAAT LAPORAN
a.       Dapat mengetahui pentingnya perpustakaan untuk siswa
b.      Dapat mengetahui seberapa banyak siswa yang suka membaca
c.       Dapat mengetahui apa peran perpustakaan dalam pembelajaran







BAB II: LAPORAN HASIL KUNJUNGAN

Kunjungan ini berlangsung pada selasa, 25 november 2014. Tempatnya yaitu di perpustakaan SMAN 3 Kota Bengkulu, yang beralamat di jalan RE. Martadinata II NO 41. Kunjungan kami berlangsung pada pukul 09.45 WIB sampai dengan selesai.
Seperti yang kita tahu, bahwa perpustakaan SMAN 3 adalah salah satu dari sekian banyak ruangan yang ada  di SMA N 3 Bengkulu ini. Di sini, kami telah melakukan wawancara dengan ibu Lisda, sebagai pemegang perpustakaan SMA N 3 Bengkulu.
Dalam sejarahnya, perpustakaan ini dibangun pada tahun 2006 lalu. Perpustakaan ini awalnya dibangun di depan pos satpam SMAN 3 (sekarang menjadi kelas XII IPS 2) namun karena suatu hal, ruangan perpustakaan SMAN 3 dipindahkan ke bagian lain, yaitu di tempatnya sekarang. Tepatnya di sebelah kantin SMAN 3 dan laboratorium kimia.
Perpustakaan ini buka setiap hari sekolah pada pukul 07..30 WIB sampai dengan pulang sekolah pada pukul 14.00 WIB. Di dalam ruangan ini tersimpan berbagai macam jenis buku mulai dari buku mata pelajaran dari kelas X, XI, XII, buku fiksi, ensiklopedia dan banyak buku pengetahuan lainnya.
Lalu , bagaimana cara untuk meminjam buku di perpustakaan SMAN 3 tersebut? Caranya yaitu dengan menjadi siswa/siswi SMAN 3 dan membuat kartu anggota perpustakaan SMAN 3. Proses pembuatan kartu anggota perpustakaan SMAN 3 yaitu :
1.      Mengambil Formulir Pendaftaran
Formulir ini bisa diambil langsung dengan guru perpustakaan atau bisa dengan memfotocopy milik teman apabila ada yang sudah punya.
2.      Mengisi Formulir Pendaftaran
Formulir ini berisi nama, alamat, pas foto, kelas dan sebagainya. Formulir ini harus diisi lengkap agar memudahkan dalam pembuatan kartu dan memudahkan dalam mendata siswa/siswi yang menjadi anggota perpustakaan SMAN 3.
3.      Menyerahkan Kembali Formulir Perpustakaan
Formulir yang sudah diisi kemudian diserahkan kembali kepada guru perpustakaan untuk dibuat menjadi kartu perpustakaan.
4.      Mengambil Kartu Perpustakaan
Kartu bisa diambil paling cepat sehari sesudah penyerahan formulir. Kartu perpustakaan SMAN 3  berwarna merah muda yang terdiri atas dua bagian. Yaitu : bagian kecil yang berisi data dan bagian besar yang brsebut erisi buku-buku yang dipinjam. Untuk meminjam buku cukup dengan membawa kartu bagian besarnya saja dan kartu tersebut berlaku selama menjadi siswa/siswi SMAN 3 Kota Bengkulu.
5.      Setelah Itu Bisa Langsung Meminjam Buku

Setelah menjadi anggota perpustakaan SMAN 3, ada beberapa tata tertib yang harus diketahui, yaitu :
a.       Pada waktu peminjaman dan pengembalian buku, kartu ini harus dibawa.
b.      Jangka waktu peminjaman 2 (dua) minggu maksimal 2 (dua) buah buku.
c.       Tidak boleh dipinjamkan pada orang lain
d.      Jika terlambat pengembalian dikenakan sanksi.
e.       Jika karti ini hilang segera memberitahukan kepada perpustakaan
f.       Anggota bertanggung jawab atas kehilangan/karusakan buku.

Di sini siswa sering mengunjungi perpustakaan pada saat jam istirahat. Mereka biasanya datang baik untuk membaca maupun meminjam buku. Berdasarkan data, buku yang paling diminati di sini adalah buku bacaan jenis fiksi. Dalam data grafik pengunjung perpustakaan SMAN 3 Bengkulu tahun 2011/2012, adapun pengunjung terbanyak terjadi pada bulan november dan desember, yang ditunjukkan oleh angka 112 dan 116. Pengunjung paling sedikit terjadi pada bulan agustus, maret dan juni yang berkisar pada angka 20, 23 dan 13.
Sementara grafik peminjam perpustakaan SMAN 3 Bengkulu tahun 2011/2012 menunjukkan data peminjam terbanyak terjadi pada november yaitu pada angka 17 dan peminjam paling sedikit terjadi pada bulan maret yaitu pada angka 2.
Selam perpustakaan SMAN 3 tersebut berdiri, sudah beberapa kali dilakukan pemindahan buku. Bantuan buku dari pemerintahpun sering diterima, mungkin dalam 1 tahun ada satu kali bantuan buku dari pemerintah. Setelah adanya pembaharuan buku, buku yang lama tidak serta-merta dibuang begitu saja, melainkan tetap disimpan di bagian belakang perpustakaan. Perhatian sekolah untuk perpustakaan SMAN 3 juga sudah dirasa cukup. Contohnya saja dalam hal penambahan sarana dan prasarana.
Kelebihan dari perpustakaan SMAN 3 sendiri yaitu, adanya beragam buku pelajaran baik kelas X hingga kelas XII yang bleh dipinjam oleh siswa, juga pelayanan perpustakaan yang ramah dan selalu buka tiap hari. Kekurangannya hanya pada koleksi buku buku di sana, juga pada fasilitasnya dimana perpustakaan SMAN 3 masih dengan cara manual sedangkan sudah banyak perpus yang menggunakan sarana digital dalam sarananya.
Disini kita bisa menjumpai buku pelajaran sebagai yang paling banyak di perpus hampir semua buku disini boleh dipinjam, kecuali buku buku koleksi referensi, Al Qur’an, dan koleksi ensiklopedia. Buku yang terakhir ditambah koleksinya adalah buku-buku pelajaran Kurikulum 2013. Dalam peminjaman buku disini bagi siswa yang terlambat mengembalika buku akan didenda Rp.100/hari.
Perpustakaan sendiri sanagt penting untuk kemajuan bangsa. Dari sebuah perpustakaan selain kita bisa mendapat banyak informasi tentang dunia, kita bisa menjadi anak yang rajin dengan mengunjungi perpus dan membaca bukunya. Terlebih lagi kita bisa melatih kesabaran dalam mencari satu judul diantara banyak tumpukan buku di perpustakaan.
Dengan adanya perpustakaan akan memudahkan siswa dalam mencari buku yang sesuai dengan pembelajarannya dikelas, dan perpus sendiri sangat berpengaruh terhadap belajar siswa karena jika banyak buku bags diperpus siswa akan tertarik untuk membacanya dan mempelajarinya.
Selama bertugas mengelolah perpus banyak suka duka yang di hadapi oleh ibu Lisda selaku guru perpus. Dukanya karena menghadapi benda benda mati itu sendiri, saat merapikan buku sendirian. Namun ibu Lisda selalu senang melihat jika ada anak anak yang datang atau mengujungi perpustakaan untuk membaca ataupun meminjam buku.
Pelajaran yang diperoleh pun sangat banyak selama ini, misalnya dengan menjaga perpustakaan ibu Lisda bisa lebih banyak mengetahui judul-judul buku dan bisa mendapatkan informasi yang lebih beragam. Saran dari ibu Lisda untuk semua orang adalah supaya orang-orang lebih tertarik mengunjungi perpustakaan. Meskipun di zaman sekarang sudah banyak sumber untuk mendapatkan informasi karena kemajuan teknologi, namun tidak salah jika kita mengunjungi perpustakaan untuk menghabiskan waktu luang.  



BAB III KESIMPULAN DAN SARAN


A.       KESIMPULAN
Setelah membaca tulisan laporan observasi diatas, kita dapat menyimpulkan bahwa keberadaan perpustakaan itu sangat penting. Dimanapun perpustakaan itu berdiri, kita harus menjaganya. Karena perpustakaan merupakan tempat terbaik untuk membaca dan tempat terbaik dimana pengetahuan disimpan. Meskipun di zaman sekarang untuk mendapat informasi tidak perlu repot-repot, cukup mencarinya di internet. Tetapi tetap saja kita tidak boleh melupakan perpustakaan, karena berawal dari sanalah, orang-orang bisa menciptakan teknologi modern.

B.  SARAN
Saran untuk semuanya adalah agar semua orang dapat menjaga perpustakaan dan buku yang ada didalamnya, karena dengan adanya perpustakaan berarti ada pula ilmu pengetahuan. Dan lebih sering mengunjungi perpustakaan.

1 comment: