September 29, 2019

Serunya Kelas Blog Bersama Bunda Milda

Pertama kali kenal sama bunda Mildaini (owner blog mildaini.com dan emakcantik.com, yaitu lewat suatu workshop blog yang diadakan pada bulan Maret yang lalu.
Bunda Milda
Sedikit cerita, awal mula mengenal dunia Blogging, sebenarnya sudah sejak duduk di bangku SMA dulu. Pada tahun 2015, akhirnya blog ini pun lahir. Tentu saja waktu itu masih menggunakan domain gratisan. Dengan ilmu seadanya namun dibarengi semangat belajar, akhirnya aku mulai berani posting tulisan dan artikel ringan, lalu mulai mengenal istilah blog walking, hingga mengetahui tentang pendapatan yang bisa didapat lewat blog.

Sejak dulu hingga sekarang, tantangan utama dalam ngeblog itu tak lain dan tak bukan selalu menyangkut 'menjaga semangat'. Iya, semangat untuk terus aktif dan rutin mengisi blog. Sialnya, semangatku dalam menulis masih selalu saja naik turun, tidak bisa konsisten. Lebih banyak malasnya daripada rajinnya. Alhasil, blog ini meskipun sudah 4 tahun umurnya, artikelnya masih seumprit, dan pengunjungnya pun masih sedikit.

Apalagi, untuk beberapa kurun waktu berikutnya aku malah lebih senang menulis di sebuah platform 'kepenulisan', dibandingkan dengan mengisi blog pribadi. Tak heran rumah maya ini pada akhirnya jadi berdebu kayak rumah tak terurus. 

Tahun 2018, pertama kali tahu bahwa di bengkulu ternyata ada komunitas bloger juga loh. Akhirnya waktu itu aku tersadar bahwa aku pun punya sebuah blog yang 'hampir mati' karena tak terurus. Sebuah keinginan untuk menekuni dunia bloging pun muncul dalam benakku, tujuannya sih tetap sama sejak awal blog ini didirikan; untuk berbagi lewat tulisan, dan tetap menulis apa saja yang terlintas dalam kepalaku. Namun, tak ada ruginya jika aku menekuni dunia blogging ini lebih jauh, mengenal sesama bloger yang satu daerah, saling berbagi ilmu, dan aku berharap bisa mengembalikan semangat menulis yang telah hilang entah kemana sehingga blog ini pun hidup kembali.

Akhirnya, tahun 2018, aku mantap beralih ke Top Level Domain dan memilih anisaarpan.com sebagai identitas blog. Ini adalah suatu langkah awal untuk menyeriusi dunia blogging. 

Berikutnya, di suatu kesempatan akhirnya bisa mengikuti Workshop Blog "Blogging untuk Pemula" yang diadakan oleh Komunitas Blogger Bengkulu.

Salah satu pemateri sekaligus kuketahui sebagai owner Komunitas Blogger Bengkulu, Bunda Mildaini memberi banyak sekali motivasi-motivasi berharga untuk para peserta. Sejak workshop itu, aku mulai mengikuti beberapa agenda blogging bersama sesama bloger asal Bengkulu, dan semangat ngeblog pun mulai tumbuh kembali.

Demi menjaga semangat ngeblog ini, akhirnya berkesempatan juga mengikuti arisan blog yang juga diadakan oleh bunda Milda. Yup, Bunda Mildaini memang gencar sekali menyebarkan virus semangat ngeblog bagi para bloger-bloger baik yang pemula maupun yang sudah pro.




Total pesertanya ada 12, sistematis dari pelaksanaannya yaitu setiap peserta akan diundi untuk dibuat urutan pemenang. Nah, setiap minggunya, peserta akan membuat suatu artikel ulasan tentang pemenang arisan (ulasan boleh berupa apapun).

Alhamdulillah sudah berjalan lebih dari sebulan. Jadi, serunya apa sih mengikuti kelas blog ini?!

Jadi Ajang Menulis Tiap Minggu
Berhubung semangat ngeblog-ku memang suka tidak konsisten, lewat arisan link ini paling tidak aku bisa update tulisan satu kali per minggu. Ya, lumayan lah daripada enggak sama sekali. Apalagi, menulis setiap minggu merupakan suatu keharusan karena akan jadi hutang jika tidak disegerakan. Hitung-hitung membuat diri sendiri jadi terbiasa update tulisan di blog, yaa.

Tantangan Dalam Menulis
Setiap minggu, akan ada pemenang berbeda yang mesti diulas. Demi membuat konten terbaik, paling tidak tiap-tiap peserta harus melakukan riset terlebih dahulu terhadap pemenang, baik dengan ngepoin blog dan medsos pemenang, maupun dengan melakukan wawancara langsung via chat. Hal ini tentu jadi suatu tantangan tersendiri bagiku pribadi yang belum begitu mengenal para peserta arisan, apalagi jatah menulis satu minggu kadang terasa kurang mengingat ada kesibukan di luar dan penyakit menunda-nunda tulisan yang masih suka kambuh. Tapi, tantangan itu justru menjadi salah satu momen seru selama arisan blog ini.

Berbagi Cerita Bersama Blogger dari Berbagai Daerah
Asyiknya lagi, peserta arisan blog ini berasal dari berbagai daerah. Selain Bengkulu, ada pula bloger asal Jambi, Riau, hingga Makassar yang masing-masing membawa cerita menginspirasi. Berkenalan dengan bloger dari daerah lain adalah nilai plus dari arisan link ini.

Berharap DA Blog pun Bisa Meningkat Kembali
Dengan mengikuti arisan blog ini, semoga saja DA blog yang beberapa waktu lalu telah terjun bebas karena perubahan sistem yang cukup membuat frustasi, bisa naik kembali secara perlahan. Ya, arisan blog menjadi salah satu usaha menaikkan kembali DA blog ini huhuuu. Mau sampai kapan mentok di angka ini?! :") Ayo dong naiikkkk..


Arisan Blog ini sih intinya berkesan sekali bagiku. Apalagi karena arisan blog ini jadi bisa mengenal berbagai bloger dari berbagai daerah dan mendapat ilmu yang bermanfaat juga, plus blogku jadi berisi artikel baru setiap minggu (ya mesti kadang-kadang masih suka telat nyetor artikel). Terimakasih Bunda Milda yang udah ngadain arisan blog ini. 

Tambahkan Komentar
EmoticonEmoticon