Juli 16, 2020

Pola Hidup Sehat di Masa Pandemi: Pentingnya Membersihkan Tangan dengan Sabun atau Handsanitizer


Assalamu’alaikum, bagaimana kabarnya hari ini? Semoga kita semua dalam keadaan sehat dan tetap semangat menghadapi masa pandemi. 

Nah, setelah minggu sebelumnya aku menulis tentang pentingnya menggunakan masker saat bepergian, tips-tips menjaga imunitas tubuh, dan artikel kegiatan ketahanan pangan di masa pandemi, kali ini kita membahas salah satu poin penting lainnya dari tindak pencegahan yang bisa kita lakukan supaya terhindar dari tertular virus corona, yaitu tentang pentingnya membersihkan tangan dengan sabun atau handsanitizer.

Selama beraktivitas, secara tidak sadar kita telah menyentuh banyak permukaan benda dengan telapak tangan. Benda-benda ini mungkin saja telah terkontaminasi oleh virus dan kuman. Apalagi, kita tahu bahwa salah satu cara penyebaran virus corona adalah lewat paparan permukaan benda benda yang terkontaminasi yang kemudian tersentuh oleh kita dan masuk ke tubuh ketika kita secara tidak sengaja menyentuh area wajah seperti mata atau hidung.

Nah, untuk membunuh kuman dan virus pada permukaan telapak tangan, Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) menganjurkan tiap individu untuk sering-sering membersihkan tangan baik dengan air dan sabun, atau menggunakan hand sanitizer

Anjuran untuk mencuci tangan ini dapat dilakukan pada waktu-waktu seperti: Sebelum dan setelah menyiapkan makanan, sebelum makan, setelah menggunakan toilet, setelah meniup hidung, batuk, atau bersin. Nah, dalam kondisi pandemi ini, Centers for Disease Control and Prevention (CDC) menambahkan saat-saat kita harus membersihkan tangan, yaitu:
  • Setelah kita berada di tempat-tempat umum dan menyentuh permukaan benda yang mungkin juga sering disentuh oleh orang lain. Benda-benda ini seperti: gagang pintu, meja, pompa bensin, keranjang belanja, atau register/layar kasir elektronik.
  • Sebelum kita menyentuh mata, hidung, atau mulut. Hal itu dilakukan karena dengan menyentuh area tersebut dapat menjadi salah satu cara virus masuk ke dalam tubuh kita.

6 Tips Mencuci Tangan dengan Benar 


Menurut WHO, lama waktu yang ideal untuk mencuci tangan adalah selama 20 sampai 30 detik. Cara asyiknya, kita bisa mencuci tangan selama dua kali nyanyian lagu 'Happy Birthday'. Lalu, bagaimana langkah mencuci tangan yang efektif sehingga dapat membunuh kuman dan virus yang bersarang di tangan? Yuk simak di bawah ini!

  

Pertama, kita perlu membasahi telapak tangan menggunakan air mengalir. 

Kedua, tuang sabun ke telapak tangan, lalu gosokkan telapak tangan yang satu dengan telapak tangan lainnya sampai sabun berbusa dan pastikan bagian dalam telapak tangan bersih.

Tidak hanya bagian telapak tangan, kita juga perlu membersihkan punggung tangan. Lakukan dengan menggosokkan punggung tangan kiri menggunakan tangan kanan, dan sebaliknya.

Jika punggung tangan dan telapak tangan telah bersih, selanjutnya kita perlu membersikan sela-sela jari dan kuku. Lakukan dengan membuat genggaman menggunakan jari-jari yang saling terkait agar sabun menggapai area pangkal jari serta membersihkan kuku.

Selanjutnya, gosok ibu jari kiri menggunakan tangan kanan dan lakukan sebaliknya.

Nah, terakhir kita perlu membilas tangan dari busa sabun dan jangan lupa untuk mengeringkan tangan dengan handuk atau tisu.


Manakah yang lebih efektif antara sabun dan handsanitizer?


Selain menggunakan sabun, kita juga bisa membersihkan tangan dengan hand sanitizer. Hand sanitizer yang dianjurkan oleh para ahli adalah yang mengandung 60 % alkohol, seperti juga ditulis dalam artikel "When and How to Wash Your Hands". Pada artikel yang sama, CDC juga menganjurkan penggunaan hand sanitizer ini ketika tidak tersedia sabun dan air untuk membersihkan tangan. Jadi, penggunaan sabun dan air mengalir masih lebih diutamakan.

Namun kepraktisan penggunaan hand sanitizer menjadi daya pikat tersendiri bagi orang-orang. Tapi  ada hal-hal yang harus diperhatikan ketika kita memilih produk hand sanitizer, seperti kandungan alkohol zat-zat apa saja yang ada pada produk tersebut. Apalagi, saat ini banyak sekali orang-orang mulai membuat hand sanitizer sendiri dengan bahan-bahan alami. Hal ini boleh saja dilakukan, namun harus tetap memerhatikan bahan dan cara pembuatan yang benar, sesuai dengan standar WHO (dapat dibaca di sini).

.
.
.

Nah, mari kita mulai membiasakan pola hidup sehat dengan rajin mencuci tangan sebagai salah satu tindak pencegahan individu di masa pandemi. Seperti kata pepatah, lebih baik mencegah daripada mengobati. Selalu jaga kesehatan yaa, teman-teman.

2 komentar:

  1. Waahh info yang sangat detail dan bermanfaat

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama-sama. Jangan lupa selalu jaga kesehatan yaa :)

      Hapus

Tambahkan Komentar
EmoticonEmoticon