Header Ads Widget

5 Tanaman Hias dalam Ruangan, Bantu Membersihkan Udara

Tanaman hias dalam rumah
Pixabay.com/coyot
Tanaman hias di dalam rumah

Jangan berpikir bahwa tanaman hias hanya dapat tumbuh di lingkungan outdoor yang rutin terkena cahaya matahari dan air hujan, ternyata beberapa jenisnya juga bisa hidup di dalam ruangan, lho.

Menempatkan tanaman hias di dalam rumah selain berfungsi untuk mempercantik dekorasi, juga dapat menampilkan kesan segar dan asri dalam ruangan. Hal ini membuatnya berpotensi membantu menjaga kesehatan dan ketenangan pikiran penghuni rumah baik saat bekerja maupun bersantai.

Selain itu, beberapa jenis tanaman hias pun terbukti bermanfaat untuk membantu menetralkan udara, dengan menyerap zat-zat polutan yang terperangkap di dalam ruangan. Lantas, tanaman hias apa saja yang bisa kita tempatkan dalam ruangan? Yuk simak 5 rekomendasi berikut!


Lidah Mertua

Snake plant
Pexels.com/Fabian Stroobants

Tumbuhan bernama latin sansevieria ini merupakan salah satu jenis tanaman hias yang populer dan umum dijumpai di pekarangan rumah. Ciri khasnya adalah bentuk daun yang runcing ke atas seperti pedang atau lidah, dengan corak garis kuning terang memanjang di kedua sisi pinggir daun.

Lidah mertua cukup mudah dirawat, dapat ditempatkan dalam pot silinder, lalu diletakkan sebagai penghias meja atau lemari di dalam ruangan. Daunnya yang berbentuk tebal dapat menyimpan kandungan air, sehingga lidah mertua bisa bertahan hidup meski di tempat yang minim cahaya dan kering.

Tak hanya itu, lidah mertua ternyata memiliki keistimewaan dapat menyerap karbon monoksida yang ada di udara, dan mengeluarkannya kembali dalam bentuk oksigen. Sehingga tanaman ini dapat membantu membersihkan udara dari zat-zat polutan di lingkungan indoor.


Peace Lily

Peace Lily adalah salah satu jenis bunga yang cocok di dalam rumah. Seperti namanya, bukan hal berlebihan jika dikatakan bahwa bunga ini memang memberi kesan kedamaian terhadap nuansa ruangan.

Peace lily memang umum ditanam terutama di kamar tidur. Bunga ini ternyata juga dapat meningkatkan kualitas udara dan menjaga kelembaban udara di dalam ruangan.

Bunga Krisan

Krisan dikenal sebagai bunga cantik yang tumbuh di pekarangan dan biasa diproduksi sebagai bunga petik. Namun, tak ada salahnya menempatkan bunga krisan di dalam rumah.

Selain karena kelopak bunganya yang cantik ketika mekar, ternyata tanaman hias yang juga dikenal sebagai bunga seruni ini dapat membersihkan dan menyegarkan udara. Hal itulah yang membuatnya cocok dijadikan salah satu dekorasi hijau alami di dalam ruangan.

Chinese Money Plant

Tanaman hias koin Cina daun bundar
Pexels.com/Karolina Kot

Nama latinnya adalah Pilea paperomioides, atau disebut juga dengan koin china. Selain original berasal dari dataran China,  tanaman satu ini mempunyai bentuk daun yang unik, bulat menyerupai koin. Chinese Money Plant merupakan  tanaman hias mini dalam ruangan, dengan tinggi rata-rata 20cm saja, sehingga membuatnya cocok ditempatkan dalam ruangan karena tidak menghabiskan banyak tempat.

Tanaman ini mampu hidup dalam kelembapan indoor, namun lebih disarankan untuk meletakkannya di dekat jendela sehingga tanaman tetap bisa menerima cahaya matahari harian.

Selain memiliki daun unik yang memanjakan mata, tanaman hias satu ini juga berfungsi menjaga kesejukan udara dalam ruangan. Sebagai informasi tambahan, memiliki nama 'koin china' membuat sebagian orang percaya tanaman cantik ini membawa hoki apabila ditempatkan dalam rumah.

Lavender

Bunga lavender dikenal dengan warna ungunya yang cantik. Lavender memiliki aroma bunga yang harum menenangkan, biasa dijadikan sebagai aromaterapi yang mendatangkan ketenangan, mengurangi stress dan kecemasan.

Meskipun bunga ini membutuhkan cahaya matahari harian, namun kamu tetap bisa menempatkannya di dalam ruangan, misalnya di pinggir jendela. Jika tidak memiliki tempat ideal seperti itu, bisa juga dengan cara mengeluarkan lavender setiap tiga hari sekali agar tanaman ini tetap menerima cahaya matahari.


Itulah beberapa rekomendasi tanaman hias yang bisa kamu tempatkan dalam ruangan. Selain cantik dan membuat suasana asri, ternyata juga memiliki manfaat, yaa.

Posting Komentar

0 Komentar