Header Ads Widget

Danau Gedang Bengkulu, Wisata Danau dengan Pemandangan Laut

Danau Gedang Bengkulu
Danau Gedang Bengkulu

Pertama kali mengunjungi Danau Gedang tepat akhir Januari silam, bersama 3 orang sabahat baik di perkuliahan. Entah dalam rangka apa, tapi kunjungan pertama cukup berkesan di ingatan. Selang sepuluh bulan kemudian, ternyata masih diberi kesempatan kembali menginjakkan kaki ke salah satu wisata populer di Bengkulu ini.

Jujur, aku anaknya jarang jalan-jalan, kalau nggak diajakin temen, mana mungkin bisa sampai ke sana. Terlebih, aku nggak mau (nggak berani) bawa motor jauh-jauh karena mataku minus dan aku nggak suka nyalip-nyalip kendaraan di jalan. Kalau mau pergi jauh, nggak bisa diandalkan buat jadi kang ojek, maunya nebeng aja :D

Setelah dua kali berkunjung, akhirnya punya mood untuk menuliskan sekilas cerita perjalanan kami ke sana. Kupikir, dunia mesti tau kalau Bengkulu punya Danau Gedang, salah satu wisata unik dan cantik yang mungkin harus kamu kunjungi kalau punya kesempatan mampir ke Kota Bengkulu.


Danau dan Pantai di Satu Lokasi

Pertama kali tertarik berkunjung ke sini ketika di Instagram seliweran foto-foto cantik anak-anak Bengkulu sedang piknik sambil gelar tikar di rerumputan hijau, dengan background laut lepas. Serius cantik banget, bikin kepingin ikutan piknik juga.

Piknik di tepi pantai
Sumber : instagram.com/pherlihrmn

Jadi, ini danau atau pantai? Kok pemandangannya laut. Aslinya, di sebelah kiri lokasi wisata itu ada danau. Gedang dalam bahasa Bengkulu berarti 'besar'. Danau ini memang besar, dan tepat di seberangnya ada pantai. Iya, benaran berhadapan dengan lautan. Hal itulah yang menjadikan Danau Gedang unik sehingga menarik minat pemburu tempat-tempat wisata untuk berkunjung.

Lokasi dan Jarak tempuh ke Danau Gedang

Danau Gedang yang menjadi salah satu tujuan wisata di Provinsi Bengkulu terdapat di Kabupaten Bengkulu Tengah, tepatnya berlokasi di desa Padang Betuah, Kecamatan Pondok Kelapa. Jaraknya berkisar 34 KM dari pusat Kota Bengkulu. Kalau berkendara motor dengan kecepatan sedang, bisa ditempuh sekitaran satu jam aja. Nggak jauh banget, kok. Itu kalau bawa motor kecepatan sedang, yaa. Kalau bawa motornya dengan motto alon-alon asal klakon sih beda cerita.

Pertemuan danau dan pantai
Lupa fotoin danau & pantai di satu freme

Seperti aku dan temanku, yang selain sama-sama minim pengetahuan tentang jalan, juga tidak suka bawa motor ngebut-ngebut. Tidak suka ya, bukan tidak bisa.

Meskipun bertempat di luar kota, namun lokasi wisata cukup mudah ditemukan karena di pinggir jalan raya telah terpasang plang yang menunjukkan lokasi wisata. Selanjutnya tinggal mengikuti jalan ke dalam gang kurang lebih sejauh dua kilometer untuk sampai ke lokasi danau dan pantai.


Menikmati Keindahan Pantai dari Ketinggian

Lokasinya berupa tebing, yang di bawahnya ada pantai dengan ombak yang cukup besar dan secara berkala terus menerus menghantam dinding tebing, menciptakan suara riuh nyaring hingga ke atas tebing. Intensitas hembusan angin di Danau Gedang pun cukup besar. Kalau cuaca cerah, mataharinya terik hingga sore. Untuk itu, disarankan membawa kacamata hitam dan topi.

View laut dari ketinggian
View Lautan dari Danau Gedang 

Untuk masuk ke lokasi wisata, hanya dikenakan tarif lima ribu per motor, dan sepuluh ribu untuk kendaraan roda empat. Danau Gedang biasanya ramai ketika sore, apalagi saat weekend. Rata-rata pengunjung datang bersama keluarga, teman, atau pacar untuk piknik sambil menggelar tikar di rerumputan hijau dan menikmati sensasi makan dengan view laut lepas. Karena letaknya tinggi, pengunjung bisa melihat hamparan laut hingga jauh. Bayangkan betapa cantiknya senja yang terpatri di langit sore Danau Gedang.

Pengunjung yang cukup berani ada juga yang turun ke bawah untuk bersentuhan langsung dengan bibir pantai. Tapi harus hati-hati sebab jalur turunnya terjal, setauku tidak disediakan jalur khusus. Pun dengan pengunjung yang piknik di atas juga mesti hati-hati karena pinggiran tebing masih belum dipagar dengan pembatas. Jangan sampai karena keasyikan foto malah tanpa sadar melangkah terlalu pinggir, kan jadi berbahaya.

Panasnya di pantai

Fasilitas Danau Gadang yang Memadai

Kalau mau piknik tapi tidak mau repot membawa makanan dari rumah, pengunjung bisa membeli dari warung-warung kecil yang dibuka penduduk sekitar danau di lokasi wisata. Menunya cukup lengkap, dari minuman kemasan, makanan ringan hingga berat, es kelapa muda, bahkan ada yang menyewakan tikar juga. Berdasarkan informasi yang kudapat dari obrolan ringan bersama salah satu pedagang, katanya warung-warung di lokasi wisata  biasa buka sampai magrib.

Selain itu, fasilitas lokasi parkirnya luas banget dan Danau Gedang juga telah dilengkapi dengan fasilitas krusial seperti toilet dam mushola kecil tempat beribadah. Satu lagi, nih. Pantai Gedang juga bisa dijadikan tempat ideal buat lokasi berkemah bersama teman atau kerabat.

.
.

Keindahan pangai dari ketinggian

Lokasi wisata ini rekomended sekali buat kalian kunjungi, terkhusus bagi yang ingin melihat keindahan lautan dari ketinggian. Ngomong-ngomomg, Danau Gedang juga cocok buat dijadikan lokasi prewed yang cantik loh. Kemarin waktu berkunjung, kami ketemu sama calon pengantin yang lagi foto-foto di sini.

Kalau kamu kesulitan menemukan lokasinya, bisa ikuti Danau Gedang maps ini. Saat berkunjung, selain menikmati keindahan alamnya, selalu ingat untuk menjaga lingkungan dengan tidak membuang sampah sembarangan, ya. Jangan lupa juga lantunkan pujian untuk sang pencipta.

Sampai jumpa di update berikutnya.

Posting Komentar

1 Komentar

  1. Cantik banget danaunya kak. tempat yang romantis, bener, cocok buat foto pre-wed.

    BalasHapus

Tambahkan Komentar