QS. Al-Waqiah - Jumlah Ayat hingga Keutamaan Membacanya

 

Ilustrasi membaca Al-Qur'an
Pexels.com/Abdulmeilk Aldawsari


Tidak terasa bulan Ramadhan telah berlalu setidaknya lebih dari tiga minggu. Artinya, jika masih diberi rezeki berupa umur, InsyaAllah sebentar lagi kita kembali bertemu hari raya kemenangan. 

Sudahkah kita meningkatkan kualitas ibadah kita? Tentu, sebagaimana banyak disampaikan, bahwa berpuasa lebih dari sekadar menahan lapar dan dahaga dari terbit fajar hingga terbenam matahari. Tetapi juga tentang menahan hawa nafsu, serta memperbanyak ibadah dalam rangka mendekatkan diri pada Allah SWT. 

Selain sholat sunnah tarawih, membaca Al Qur’an merupakan salah satu amalan utama di bulan suci ini. Selain sebagai cara mendekatkan diri pada Allah, membaca Al Qur’an juga bermanfaat membawa keberkahan hidup, serta memberi ketentraman dan kedamaian batin.

Tiap surah yang kita baca dalam Al-Qur’an memiliki keutamaan masing-masing. Baca Al Waqiah termasuk salah satunya. Surah Al-Waqiah merupakan salah satu surah dalam Al-Qur’an yang pada ayat-ayatnya terkandung peringatan akan datangnya hari akhir serta kebesaran dan kuasa Allah SWT dalam kehidupan kita.

Terdiri dari 97 Ayat dan merupakan golongan surah Makkiyah

Al-wāqi'ah, diambil dari ayat pertama surah ke-56 dalam Al-Qur’an ini menerangkan tentang kepastian datangnya hari kiamat. Surah Al-Waqiah yang terdiri dari 96 ayat, termasuk dalam golongan surah Makkiyah, yakni surah yang turun pada masa nabi Muhammad SAW berada di Mekkah.

Memgamalkan surah Al-Waqiah disebut dapat membuka pintu rezeki

Surah Al-Waqiah termasuk salah satu surah kesukaan Rasulullah. Keutamaan dalam membaca surah Al-Waqiah disampaikan dalam salah satu hadits:

“Barangsiapa yang membaca surah al-waqiah setiap malam, ia tidak akan menderita kemiskinan selamanya.” (HR. Baihaqi)

InsyaAllah. Namun, sebaik-baiknya  ibadah tak lain adalah untuk mengharap ridho Allah semata. Selain berdoa, tentunya hal tersebut harus dibarengi dengan kerja keras dan tawakal sehingga rezeki berwujud hal-hal baik akan senantiasa tercurah dalam hidup kita. Aamin Allahumma Aamin.

Mendukung kepraktisan membaca serta mencari latin dan terjemah surah-surah dalam Al-Qur’an kapanpun, kamu dapat mengunjungi portal Trendonesia.com, yang menyediakan audio hingga latin dan terjemah surah-surah Al-Qur’an yang bisa langsung diakses melalui mesin pencari google.

Posting Komentar

0 Komentar