Penting untuk Syarat Daftar CPNS, Kamu Wajib Ketahui 4 Hal ini Sebelum Buat SKCK

skck

Surat Keterangan Catatan Kepolosian, disingkat SKCK merupakan suatu surat keterangan kelakuan baik seseorang yang diterbitkan oleh POLRI. Sebagai suatu surat yang menerangkan catatan ada atau tidaknya kejahatan seseorang, SKCK menjadi suatu dokumen yang dinilai penting. Dokumen SKCK juga kerap menjadi syarat untuk pendaftaran kerja, CPNS, hingga BUMN.

Namun, dewasa ini masih banyak masyarakat yang kebingungan untuk mengurus SKCK, entah tidak tahu harus mulai darimana, lokasi mengurus SKCK, atau dokumen apa yang mesti disiapkan sebagai syarat membuat SKCK 2023. Nah, berikut adalah 4 hal yang wajib kamu ketahui sebelum mengurus SKCK agar tidak ruwet. 

Disclaimer: berdasarkan pengalaman pribadi. Syarat, ketentuan, serta alur bisa berubah sewaktu-waktu

1. Tentukan tujuan membuat SKCK

Hal terpenting pertama yang wajib kamu persiapkan sebelum membuat SKCK adalah menentukan tujuan pembuatan SKCK. Apakah tujuanmu untuk mendaftar kerja di luar kota, sebagai pelengkap persyaratan PPPK, untuk syarat daftar CPNS, atau tujuan-tujuan lainnya. Mengapa hal ini penting?

Diketahui setidaknya ada 4 lembaga berwenang yang dapat menerbitkan SKCK, yaitu: Mabes Polri, Polsek, Polda, dan Polres setempat. Nah, beda tujuan pembuatan SKCK, bisa jadi akan beda-beda tempat mengurusnya. Misalnya, tempat buat skck untuk keperluan PPPK dan skck untuk keperluan mendaftar kerja di luar provinsi bisa jadi tempat membuatnya berbeda.

Lalu bagaimana caranya mengetahui kamu harus datang ke mana untuk mengurus SKCK sesuai kebutuhan?

Jawabannya ada di poin 2 :D

2. Cek Aplikasi POLRI Super App

app polri

Aplikasi POLRI Super App bisa didownload di playstore bagi pengguna android. Aplikasi presisi dari polri sendiri muncul sebagai solusi agar masyarakat dapat mengurus hal-hal yang berkaitan dengan kepolisian secara lebih praktis lewat gawai.

Lewat aplikasi ini, kamu  sebetulnya bisa mengajukan pembuatan SKCK secara online dengan mengisi form pendaftaran yang disediakan di aplikasi. Namun, per kuartal 1 tahun 2023, pembuatan SKCK online ini sepertinya belum berlaku di seluruh wilayah Indonesia. Saya sendiri masih diminta untuk mengurus secara manual ketika mendatangi polda setempat.

Namun, melanjutkan poin 1, lewat aplikasi presisi, selain bisa mengetahui syarat membuat skck 2023, kamu juga  bisa melihat daftar keperluan apa saja yang SKCK-nya bisa diurus di polres, polda, atau polsek. Sehingga hal ini dapat membantu kamu untuk lebih paham seluk-beluk mengurus SKCK.

Berikut beberapa daftar keperluan skck dan tempat membuatnya. Sisanya, bisa kamu cek di app-nya yaa.


3. Pastikan sudah punya rumus sidik jari

Salah satu syarat pembuatan SKCK yang tidak boleh dilewatkan adalah dokumen rumus sidik jari. Jika belum punya, bagaimana? Diurus dahulu yaa cantiks dan ganteng. Jika kamu belum punya, kamu biasanya akan diarahkan oleh petugas untuk membuat rumus sidik jari terlebih dahulu. 

Mengurusnya sangat mudah, yang kamu perlukan hanya foto  ukuran 4 x 6 tampak depan, kiri, dan kanan jika harus mengisi form manual. Namun, saat saya membuat dokumen sidik jari, saya tidak perlu menyiapkan dokumen apapun sebagai persyaratan karena telah ada sistem terintegrasi yang bisa dipakai oleh petugas. Sehingga foto pun dilakukan realtime di lokasi perekaman sidik jari. 

Rumus sidik jadi berlaku seumur hidup, dan kamu hanya perlu membayar administrasi sebesar 10.000 rupiah. Oh, ya, jangan lupa siapkan juga foto tampak depan berukuran 2x3 untuk ditempel di kartu sidik jari kita nantinya.

4. Pastikan membawa semua syarat dan siapkan biaya administrasinya

Merujuk dari aplikasi presisi, serta pengalaman pribadi, disebutkan bahwa biaya administrasi SKCK adalah sebesar 30 ribu rupiah. Setelah membayar, saya juga mendapatkan kuitansi berupa selembar kertas kecil.

Syarat membuat SKCK polsek, polda, ataupun di polres kurang lebihnya sama. Beberapa hal yang perlu kamu siapkan, yaitu:

  • Fotokopi KTP
  • Fotokopi akte lahir
  • Fotokopi KK
  • Fotokopi identitas lain bagi yang belum mempunyai KTP
  • Fotokopi dokumen rumus sidik jari
  • Pas Foto ukuran 4x6 dan 3x4, background merah
Lebih jelasnya bisa dilihat di gambar di bawah ini!
syarat buat skck

Syarat untuk perpanjang SKCK juga sama, namun kamu harus menambahkan fotokopi dari SKCK lama yang ingin diperpanjang.

Demikian 4 hal yang penting untuk diketahui sebelum kamu mengurus dokumen SKCK agar urusanmu lancar. 

Posting Komentar

1 Komentar

  1. Aku pernah bikin SKCK th 2018 kayaknya😂antre dari pagi sampe siang. Sekarang udah gak pernah diurus dan diperbarui hohooo

    BalasHapus

Tambahkan Komentar