Laptop Murah Berkualitas Performa Tanpa Batas, ASUS X441 Cocok untuk Segala Aktivitas!

 

asus x441

Perkembangan teknologi yang semakin pesat dan cepat tanpa disadari telah merubah sebagian besar tatanan kehidupan. Tentu saja bukan sesuatu yang berdampak negatif, sebaliknya malah merupakan sesuatu yang patut disyukuri, sebab banyak hal dipermudah oleh teknologi. Contoh kecil saja, zaman dulu segala aktivitas dilakukan secara manual, tetapi sekarang, dengan adanya perangkat teknologi seperti smartphone, laptop, dan tablet, kita dapat belajar, belanja, bekerja, serta melakukan berbagai kegiatan lainnya dengan lebih praktis.

Oleh karena itu, tak bisa dimungkiri bahwa perangkat elektronik, khususnya laptop telah menjadi salah satu kebutuhan dasar manusia. Hanya memiliki smartphone saja tidak lagi cukup, sebab bagi sebagian orang smartphone masih memiliki keterbatasan jika digunakan untuk bekerja, mengetik, menghadiri meeting atau kelas online, menyusun dokumen, dan lain sebagainya. Jika dibandingkan denga komputer pun, laptop terasa lebih ringkas sebab fleksibel dibawa kemana-mana.

Hal inilah yang menjadi salah satu alasan hingga saat ini produsen-produsen laptop masih terus berlomba untuk meluncurkan berbagai variasi laptop terbaru dengan tawaran spesifikasi yang makin memanjakan pengguna. Mulai dari laptop dengan spesifikasi gahar dan harga sangar, hingga laptop murah berkualitas semua dapat ditemukan di pasaran. Bahkan, dewasa ini ada laptop dengan spesifikasi khusus untuk para gamers, laptop untuk pelajar, content creator, dan lain-lain.

Saking banyaknya variasi laptop yang beredar di pasaran, saya dan Anda tentu pernah pusing menentukan mana satu yang terbaik. Memilih laptop terbaik tidak pernah menjadi perkara mudah. Tiap individu akan memiliki pertimbangan yang berbeda, menyesuaikan dengan kebutuhan. Misalnya saja, seorang desain grafis dengan seorang frelance writer, tentu memiliki sudut pandang berbeda mengenai laptop terbaik yang dapat mengayomi kebutuhan mereka.

Aktivitas Lebih Nyaman dengan Laptop yang Sesuai Karakter

Ada banyak hal yang perlu diperhatikan dalam memilih laptop. Yang jelas, kita semua tidak mau membeli kucing dalam karung! Memilih laptop impian sih mudah saja, namun tidak semua orang memiliki budget yang cukup untuk meminang laptop impiannya. Oleh karena itu, memilih laptop dengan spesifikasi sesuai kebutuhan menjadi pilihan yang logis. 

Berbicara mengenai hal ini, saya juga memiliki pengalaman yang menarik. Sebagai seorang pelaku freelance writer sekaligus merangkap sebagai mahasiswi Informatika yang hampir 90% kegiatan sehari-hari saya mengandalkan laptop, saya pernah ada di level galau akut ketika laptop yang biasa saya gunakan sejak SMA akhirnya tumbang pada tahun 2020, tepat pada saat saya sedang disibukkan dengan kerja praktik dan persiapan skripsi.

Ada beberapa hal yang mendasari perangkat elektronik bernama laptop menjadi separuh nyawa saya semasa kuliah. Pertama, karena alasan pekerjaan. Saya menjalani pekerjaan sebagai freelance writer dan ghost writer sejak 2017, ketika saya menyadari saya memerlukan tambahan uang untuk memenuhi biaya kuliah, jajan, dan ongkos bensin sehari-hari. Kedua, saya membutuhkan laptop untuk praktikum coding dan menulis laporan mingguan yang tidak pernah absen meneror hidup. Belum lagi ketika pandemi merajalela, 90% kehidupan bersama laptop pun genap jadi 100% karena perkuliahan dialihkan dari luring menjadi daring.

freelance writer
Ilustrasi freelance writer 24/7 bekerja dengan laptop

Tidak heran saya menjadi betul-betul teliti dan penuh pertimbangan ketika akan membeli laptop baru. Misi saya adalah untuk mendapatkan laptop murah berkualitas dibawah 5 juta. Yup, budget tabungan saya hanya berkisar di angka 5 juta, namun saya menginginkan laptop yang nyaman untuk saya gunakan dalam menulis, serta memiliki kapasitas yang memadai untuk menginstal code editor serta IDE yang saya perlukan untuk kepentingan coding.

Karena itu, saya mulai gencar browsing untuk melihat spesifikasi berbagai merk dan tipe laptop, mengunjungi situs resmi merek-merek laptop terkenal, membaca artikel dan menonton video review para penggiat teknologi, lalu mulai membanding-bandingkan keunggulan, kelemahan, serta harga dari masing-masing laptop yang menarik minat saya. Setidaknya saya menghabiskan waktu hingga 1 bulan sebelum akhirnya mantap menjatuhkan pilihan pada satu laptop.

Beberapa pertimbangan yang saya lakukan pada saat itu, di antaranya:
  • Ukuran dan Bentuk Laptop. Laptop terbaik bagi saya adalah laptop yang berukuran besar namun massanya tidak berat sehingga praktis untuk dibawa ke mana-mana. Laptop dengan layar yang kecil memang lebih oke jika hanya digunakan untuk menulis. Namun, untuk keperluan coding yang terkadang menuntut pengguna untuk membagi layar menjadi dua, layar yang lebih luas tentu akan memberi kesan lebih nyaman.
  • Jenis Storage Drive Sesuai Kebutuhan. Setidaknya ada dua jenis penyimpanan internal yang ditawarkan oleh laptop-laptop yang beredar di pasaran, yaitu SSD (Solid State Drive) dan HDD (Hard Drive). SSD dinilai lebih baik dari HDD dari segi kecepatan dan performa, bandwidth yang lebih tinggi, serta tidak bising karena tidak ada part yang bergerak sebagaimana yang ada pada HDD.
  • Kapasitas Baterai serta Kualitas Keyboard. Laptop terbaik bagi saya setidaknya memiliki ketahanan baterai hingga 6 jam, sebab saya akan banyak menghabiskan waktu di perpustakaan maupun ngemper di depan ruang kuliah untuk menyelesaikan berbagai tugas, baik ngoding, menulis laporan praktikum, maupun menuntaskan artikel pesanan sebelum deadline. Sehubungan dengan hal itu, kualitas keyboard menjadi penting bagi saya karena akan menentukan kenyamanan saat mengetik.
  • Laptop Terbaik Adalah Laptop dengan Harga yang Tidak Bikin Kantong Menjerit. Pada akhirnya harga menjadi pertimbangan primer bagi saya. Bahkan, saya tidak ragu untuk mencoret suatu tipe laptop dari wishlist ketika harganya melampaui kesanggupan kantong saya. Beruntungnya, seiring makin masifnya laptop keluaran terbaru, saat ini tidak sulit untuk menemukan laptop dengan spesifikasi memadai yang dibandrol dengan harga terjangkau.

Kenalan dengan Asus X441, Spek Powerful cocok untuk segala aktivitas

Asus X441
Merk Asus sendiri tentu terdengar familiar oleh hampir semua orang. Perusahaan yang berperan sebagai produsen penyedia komputer pribadi dengan penjualan terbesar kelima di dunia ini memang tidak pernah berhenti berinovasi dengan teknologi terbaru demi menghadirkan berbagai varian laptop yang seusai untuk kebutuhan tiap individu sejak sepuluh tahun terakhir.

Tak heran jika Anda mengunjungi wesite dan akun media sosial resmi Asus, akan terlihat seabrek variasi laptop keluaran asus yang menawarkan keunggulan-keunggulan berbeda baik dari segi desain, fitur, fungsionalitas, hingga harga. Rata-rata keluaran terbaru laptop ASUS hadir dengan dilengkapi Windows 11 Home. Ketika pekerjaan menumpuk, laptop ASUS dengan Windows 11 siap membantu Anda menyelesaikannya. Laptop ASUS dengan Windows 11 yang lebih nyaman di mata, memungkinkan Anda mengekspresikan diri dan cara kerja terbaik Anda. Dan tidak hanya Windows 11 asli, tersedia juga genuine Microsoft Office 2021 untuk menunjang aktivitas Anda sepanjang hari.

Pepatah lama yang mengatakan "ada harga, ada kualitas" ternyata masih relevan hingga saat ini. Tapi bukan menjadi suatu penghalang untuk kita mendapatkan laptop murah berkualitas dengan harga terjangkau. Asus X441 yang mengusung tagline "Immersive sound, powerful Performance" ini pada akhirnya menjadi pilihan laptop terbaik versi saya pada saat itu, dan tanpa ragu segera saya pinang lewat store resmi asus terdekat.


Bukan tanpa alasan saya memilih laptop 14 inch ini sebagai laptop terbaik untuk mendukung aktivitas saya, pasalnya setelah membaca berbagai review, termasuk artikel spesifikasi dari situs resmi asus, saya melabeli Asus X441 sebagai salah satu barang temuan terbaik dengan harga laptop murah kualitas bagus di tahun itu yang memenuhi semua kriteria laptop terbaik versi saya baik dari segi performa maupun harga.

Boleh dikatakan saya berproses bersama Asus X441 hingga hari ini. Sempat khawatir laptop dibawah 5 juta tidak sanggup saya gunakan untuk install Android Studio dan Visual Studio Code, tapi nyatanya aman-aman saja. Di tahun 2022, saya melanjutkan skripsi di bidang AI Machine Learning. Laptop yang sama berkali-kali saya gunakan untuk training sekitar 5000 data gambar di Jupyter Notebook yang memakan CPU internal laptop.

Link paper.

Tidak mudah untuk mendapatkan model pembelajaran terbaik yang sesuai dengan tujuan penelitian saya. Karena itu, satu kali proses training tidak cukup. Parahnya lagi, satu kali training dengan epoch hingga ratusan memakan waktu hingga 8 jam. Karena biasa meninggalkan laptop menyala 24 jam, saya bahkan pasrah jika terjadi apa-apa dengan separuh nyawa saya tersebut.

Tapi, ternyata Asus X441 merupakan laptop yang tangguh. Laptop seberat 1,7 kg ini bertahan sampai perjuangan skripsi saya yang melelahkan akhirnya terbayar tuntas dan saya dinyatakan lulus. Benar adanya, laptop terbaik adalah laptop yang tepat guna. Laporan skripsi dan progsess deployment permodelan machine learning saya selesai tepat waktu. Deadline content placement serta artikel yang kian menghimpit akhirnya perlahan reda. Satu demi satu masalah yang menumpuk perlahan teratasi bersama laptop tangguh ini.

4 Keunggulan Asus X441B yang Bikin Jatuh Cinta

Asus tangguh

Meskipun setiap laptop dilengkapi dengan keunggulan masing-masing, namun Asus X441 memiliki beberapa hal spesial yang membuatnya menjadi laptop yang harus Anda pertimbangkan ketika mencari laptop murah berkualitas. Berikut ini beberapa kelebihan Asus X441 yang bakal bikin jatuh cinta!

1. Design apik dengan warna-warna ciamik

Asus seri X441 dirancang untuk memberikan pengalaman multimedia mendalam bagi pengguna. Laptop varian ini memang diluncurkan untuk memenuhi kebutuhan pengguna yang memerlukan laptop dengan performa tanpa batas untuk mendukung segala aktivitas sehari-hari. Selain itu, cover luarnya juga apik sehingga sangat menarik untuk saya yang percaya pada quotes lawas 'always jugde a laptop by its cover'. Asus X441 hadir dengan varian warna yang expressive dengan stunning finishes yang kalem, sehingga pasti akan disukai oleh anak muda. Asus X441 hingga saat ini tersedia dalam warna Silver Gradient, Chocolate Brown, Rose Gold, Peacock Blue. Warna tersebut memiliki tekstur mengkilap, premium dengan brushed-metal-effect yang elegan.

2. Performa poweful dengan intel core generasi ke-8 dan penyimpanan hingga 1TB

Mementingkan desain tak serta merta menjadikan Asus seri X441 mengabaikan spesifikasi lainnya, terutama performa laptop. Sejalan dengan tagline yang diusung, Asus X441 dilengkapi dengan prosesor hingga Intel® Core™ i3 generasi ke-8, RAM 4GB yang bisa di-upgrade lebih tinggi kedepannya, serta grafis NVIDIA® GeForce® MX110. Spesifikasi ini menjadikan laptop Asus X441 cukup cepat dan responsif ketika digunakan untuk menjalankan aplikasi dasar hingga aplikasi yang lumayan berat.

Secara default, OS bawaan Asus X441 adalah Windows 10 Home, namun tidak menutup kemungkinan untuk diinstal ulang menggunakan windows 11, sebab Asus X441 support hal tesebut. Untuk kapasitas penyimpanan, Asus X441 dilengkapi dengan hardisk 1TB, sehingga sangat cocok untuk Anda yang membutuhkan memori internal berkapasitas besar.

3. Makin produktif bekerja dengan keyboard yang nyaman

Salah satu hal yang saya suka dari brand Asus adalah keyboard-nya. Asus X441 juga dilengkapi dengan keyboard chiclet dan touchpad yang mengusung teknologi terbaru bernama palm rejection yang membantu kemudahan input. Tombol-tombol yang solid dan responsif dengan jarak 2.3mm travel distance akan memberikan kenyamanan mengetik untuk pengguna, sehingga produktivitas bekerja dapat maksimal. Tidak hanya keyboard yang nyaman, touchpad Asus X441 dibuat dengan ukuran lebih luas yakni 106mm x 74mm. Touchpad pada seri ini juga dilengkapi teknologi untuk mendeteksi telapak tangan dan ujung jari sehingga meminimalisir kursor bergerak akibat sentuhan yang tidak disengaja.

4. Mendukung IO port USB type-C

Semakin mendukung kepraktisan pengguna, Asus X441 dilengkapi dengan beragam port untuk konektivitas ke laptop sehingga menjadikannya compatible dengan berbagai perangkat luar, seperti: USB 3.0 Type-C, port HDMI, port VGA, SD / SDHC / SDXC card reader 3-in-1. Port untuk USB Type-C sangat mempermudah pengguna sebab sisi atas maupun bawah akan selalu tepat ketika dikoneksikan. Bahkan, waktu yang dihabiskan untuk transfer file juga menjadi lebih singkat hingga kurang dari 2 detik untuk file berukuran 2GB.

Fitur Menarik Ini Melengkapi Performa Tanpa Batas Asus X441


Selain 4 keunggulan seperti dibahas sebelumnya, Asus X441 juga dilengkapi dengan berbagai fitur menarik yang menjadikannya makin powerful tanpa batas. Berikut adalah beberapa fitur mengesankan Asus X441 yang harus Anda tahu!
  • Protect Your Eyes with ASUS Eye Care. Meskipun Asus seri ini belum mengusung teknologi layar OLED seperti seri Asus keluaran terbaru yang harganya diatas delapan juta, namun Asus tidak serta merta mengabaikan kebutuhan pengguna terhadap laptop yang nyaman dipandang. Fitur Eye Care pada Asus seri X441 memungkinkan pengguna untuk mengatur pemblokiran cahara biru pada panel LED hingga 33%. Fitur ini sangat berguna bagi pengguna seperti saya yang biasanya memandang layar laptop hingga 8 jam per hari sehingga mata tidak cepat lelah, dan meminimalisir degenerasi makula dan masalah retina akibat cahaya biru.
  •  Incredible ASUS SonicMaster audio. Selain body-nya yang cantik, Asus X441 juga dilengkapi dengan speaker berdaya 3W dengan ruang suara 24cc dengan saluran transmisi khusus yang membuatnya mampu menghasilkan suara yang kaya dan jernih. Suara sejernih kristal yang dihasilkan oleh teknologi ICEpower® pada Asus X441 dapat membuat alunan dialog dan musik menjadi lebih jelas dan hidup.
  • AudioWizard-optimized tuning. Asus X441 juga dilengkapi dengan fitur AudioWizard yang memungkinkan pengguna memilih jenis audio sesuai kebutuhan. Setidaknya ada 5 jenis audio yang didukung oleh Asus X441, yakni : Music, Movie, Gaming, Speech, dan Recording. Fitur bawaan ini dapat ditemukan oleh pengguna dengan membuka aplikasi AudioWizard dengan tampilan yang user-friendly di menu start pada laptop.

Harga Murah, Kualitas tidak Murahan!

Setelah membawa ulasan panjang lebar tersebut, pertanyaan terakhir yang tersisa di benak Anda tentu mengenai harga. Dengan semua keunggulan dan fitur-fitur menarik yang ada pada Asus X441, ternyata laptop seri ini dipasarkan dengan harga yang amat terjangkau. Hal inilah yang akhirnya membuatnya menjadi laptop terbaik versi saya yang pada saat itu hanya memegang uang tipis di dalam saku. 

Melansir dari situs resmi Asus, pada Kamis (28-08-2023), asus seri X441 masih dibandrol mulai dari harga Rp. 4.438.991 rupiah alias DIBAWAH LIMA JUTA. Laptop dengan spesifikasi tinggi ini sangat nyaman untuk digunakan di berbagai kegiatan, seperti bekerja, pembelajaran, hiburan seperti menonton atau bermain game ringan, dan lain sebagainya. Lewat Asus seri ini, saya jadi makin percaya bahwa Asus selalu menyediakan solusi untuk semua kebutuhan pengguna.

Nah, jika Anda mencari laptop murah terbaik 2023, Asus X441 wajib menjadi salah satu laptop yang patut Anda pertimbangkan. Yuk, coba ceritakan laptop terbaik versi Anda di kolom komentar!


Asus blog competition


Posting Komentar

0 Komentar