December 12, 2017

Suatu Sore di Taman Pantai Berkas

Menjelang liburan semester yang bakalan tiba dalam beberapa minggu lagi, saatnya nge- list tempat-tempat wisata menarik buat dikunjungin waktu liburan nanti. Terkhusus anak kuliahan seperti saya selama satu semester dikejar tugas, laporan, dan uas. Udah saatnya melepas unek-unek di kepala dengan jalan-jalan :D

Bumi Rafflesia nggak ada habis-habisnya selalu menghadirkan tempat wisata baru yang super kece buat jadi tongkrongan untuk mengisi waktu liburan. Setelah sebelumnya saya membahas tentang 
Namanya Taman Pantai Berkas. Taman yang terbilang baru di Kota Bengkulu ini cocok banget buat masuk ke list tempat wisata yang wajib kalian kunjungin kalo liburan ke Kota Bengkulu. Berlokasi di Jalan Pariwisata Pantai Berkas, oleh karena itu dinamakan Taman Pantai Berkas.


Apalagi kalau habis jalan-jalan ke Pantai Panjang, harus mampir juga ke wisata Taman Pantai Berkas ini karena letaknya yang masih berada di kawasan pantai, persis di pinggir pantai.

Jadi sebenarnya ini taman apa ya?

Taman Pantai Berkas merupakan salah satu ikon wisata baru di Kota Bengkulu yang letaknya di pinggir pantai, nggak jauh dari kawasan bertuliskan Pantai Panjang, kok. Jadi, kawasan taman ini sengaja dibangun sebagai tempat tongkrongan baru buat yang pengen menikmati pantai dengan santai.

Ikon utama yang menarik dari Taman Pantai Berkas sendiri yaitu adanya jembatan panjang yang dibangun meliuk di sepanjang kawasan taman. Jembatan setinggi kurang-lebih dua hingga tiga meter tersebut dibangun menghadap ke muka pantai. Dengan lebar sekitar dua meter, pengunjung dapat menapaki jembatan sambil menikmati terpaan angin dari pantai.


Pengunjung dapat menaiki jembatan dari dua jalan masuk yang disediakan,





Berjalan-jalan di sepanjang jembatan sambil menikmati angin pantai yang berasa sejuk. Selain itu, sisi jembatan yang menghadap ke pantai menyajikan pemandangan lautan luas dari bibir pantai hingga ke tengah lautan.


Spot yang satu ini menjadi salah satu spot yang kece untuk melihat senja karena dari jembatan pandangan langsung tertuju pada lautan lepas tanpa dihalangi oleh pepohonan pinus.

Biasanya pengunjung menjadi sangat ramai menjelang sore, selain berselfie ria di sepanjang garis jembatan, pengunjung akan berkumpul untuk menunggu matahari terbenam dari sudut jembatan, mengabadikan momen saat air laut sahut-sahutan menyapu bibir pantai.


Sejuk menjadi kesan pertama saya saat menapaki jembatan Taman Pantai Berkas. Di sisi taman, terlihat kumpulan remaja yang asyik beryanyi sambil bermain gitar, menikmati senja yang terlihat malu-malu di balik awan mendung di ujung pantai.

Di bawah jembatan, ditata bangku-bangku yang dilapisi kayu sebagai tempat bersantai bagi pengunjung. Di salah satu bagian taman juga dibangun arena khusus bermain skateboard, meskipun kecil tapi arena tersebut sudah cukup memuaskan bagi mereka yan hobi bermain skateboard.

Ada juga taman bermain untuk anak-anak yang dibangun di samping arena skateboard. Ayunan dan sejenisnya melengkapi fasilitas kece yang ditawarkan Taman Pantai Berkas.

Di sepanjang pinggiran taman, penjaja makanan siap melayani perut-perut yang kelaparan. Udah pas banget, makan sambil bersantai di taman ini. 




1 comment: