January 24, 2019

Kunyit, Kencur, Jahe, dan Lengkuas - Mengapa Cocok Ditanam di Pekarangan?



Ah, dasar bocah bau kencur!!!

Hiaaak, jadi ini artikel apasih? Pembukaan kok ya kayak begitu (monmaap manteman hihii).

Bercocok tanam di pekarangan adalah keharusan di rumahku. Yup, rumahku meski halamannya nggak terlalu luas, tapi tetap asri sebab dipenuhi oleh aneka tumbuh-tumbuhan. Mulai dari buah-buahan, sampe cabe-cabean dan segala macam bunga-bungaan. Ceritanya, ibuku memang hobi banget sama kegiatan bercocok tanam ini.

Lantas ada tanaman apa aja di pekarangan rumahku? Salah empatnya adalah rimpang-rimpangan ini; kunyit, kencur, jahe, dan lengkuas.

Keempatnya sangat cocok sekali mengisi daftar tanaman di pekarangan rumah. Mengapa? Ada beberapa hal yang menjadi alasannya nih. Yuk simak;

1. Mudah Ditanam

Pertama, jenis bumbu dapur yang biasa disebut rimpang-rimpangan ini termasuk tanaman yang mudah sekali tumbuh di tanah. Tak perlu jenis tanah khusus, pun tak perlu perawatan yang muluk-muluk.

Biasanya, jika sudah bertunas maka tanaman ini akan mudah sekali untuk tumbuh subur. Kalau sudah tumbuh dengan baik, tinggal ditunggu saja sampai ber-umbi supaya bisa dipanen.

2. Tidak Menghabiskan Banyak Lahan

Nah, rimpang-rimpangan ini selain mudah untuk ditanam, juga tidak bakal menghabiskan banyak lahan. Kita bisa menanamnya di pojok pagar, di sela-sela tanaman lain, atau kalau mau praktis sih bisa ditanam di dalam polybag. Karena daunnya tidak rimbun dan tidak pula memiliki batang yang menjulang tinggi, maka kita tak perlu cemas rimpang-rimpangan ini akan membuat halaman menjadi semak.


3. Sangat diperlukan untuk kebutuhan memasak.

Kunyit, Kencur, jahe, dan Lengkuas merupakan bumbu dapur yang bisa dibilang hampir selalu hadir di dalam wajan masakan. Apalagi masakan bersantan, pasti membutuhkan tambahan kencur, kunyit, dan lengkuas sebagai bumbu supaya masakan berasa sedap.

Saat hendak memasak, tak jarang kita malah kehabisan stok salah satu di antaranya. Mau beli ke warung, rasanya malas keluar rumah. Mau nungguin mamang sayur, tapi kok nggak muncul-muncul yaa. Nah, menanam ketiganya akan sangat membantu sekali untuk memenuhi stok bumbu dapur kita pada saat dibutuhkan.

4. Bisa dijadikan sebagai ramuan herbal

Selain sebagai bumbu dapur, ketiga rimpang-rimpangan juga dapat dimanfaatkan sebagai bahan membuat ramuan herbal. Misalnya saja, meminum air rebusan kunyit secara rutin sangat baik untuk kesehatan pencernaan. Tentu saja, selain itu ada banyak lagi manfaat-manfaat lain dari tanaman-tanaman tersebut yang mana tak bisa disebutkan satu persatu.



Kesimpulannya, rimpang-rimpangan ini adalah tanaman yang kaya bermanfaat, dan dapat tumbuh dengan mudah di pekarangan rumah. Kamu bisa mulai menanam  agar dapat merasakan manfaatnya di kemudian hari :)

6 comments:

  1. Wah bener banget semuanya mbak, di halaman rumah saya juga isinya tanaman tanaman ini plus cabai dan beberapa tanaman dapur lainnya, jadi praktis kalau mau memasak, tinggal ambil di halaman :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya bener banget, mbak. Kalo udah nanam sendiri, jadi ngerasain banget manfaatnya :)

      Delete
  2. Asik ya kalu punya banyak tanaman rempah2, kan kalau masak tinggal ambil tuh gak usah beli heheh

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bener banget mbak. Apalagi hasil nanam sendiri, dapetnya rempah seger2

      Delete
  3. Kalau di rumah, saya tanam cabai dan pandan. Tapi belum kepikiran untuk tanam kunyit, kencur, jahe, dan lengkuas. Ada benarnya juga, nanti coba saya tanam deh....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya boleh banget dicoba tanam, mbak. Insyaallah nanti bakal bermanfaat

      Delete

Tambahkan Komentar
EmoticonEmoticon