August 23, 2019

4 Hal tentang Via Rinzeani, Blogger Cantik Asal Jambi

Kalo Minggu lalu kita udah kenalan sama Mbak Diska, Blogger Cantik dan Berprestasi Asal Bengkulu. Minggu ini kita kenalan lagi yuk sama pemenang kedua arisan link mamah, mbak Via Rinzeani yang nggak kalah cantik dan berprestasi juga.

Via Rinzeani

Via Rinzeani adalah nama pena


Terlahir dengan nama asli Rini Oktavia, di daerah Paseban, Kabupaten Tejo, Provinsi Jambi pada 2 Oktober 1995. Mbak Rini Oktavia lebih akrab disapa dengan nama penanya, Via Rinzeani. Merupakan anak bungsu dari 3 bersaudara yang memiliki hobi jalan-jalan dan fotografi.

Mbak Via ternyata asli berasal dari Jambi. Saat ini pun tinggal di Jambi, tepatnya di daerah Muara Bungo. Pendidikan 12 tahunnya juga diselesaikan di daerah asal; SDN 108/II Muara Bungo, MTsN 2 Muara Bungo, dan MAN 1 Muara Bungo. Mbak Via melanjutkan pendidikan bangku kuliah di jurusan Agribisnis, Fakultas Pertanian, Universitas Jambi. Saat ini sudah tamat, dan telah bekerja sebagai Staff Administrasi di Pondok Pesantren Diniyyah Al-Azhar Muara Bungo.

Menyenangi Dunia Literasi

Semua orang dengan latar belakang apapun dapat berkecimpung di dunia literasi. Hal ini juga berlaku untuk mbak Via. Berkuliah di jurusan Agribisnis, siapa sangka gadis berhijab ini ternyata senang menulis. Ia telah menggeluti dunia tulis menulis sejak duduk di bangku kuliah. Tere Liye adalah penulis favoritnya.

Menulis telah menjadi bagian dari keseharian Mbak Via. Lewat blog Ragam Aksara yang dikelolanya, Mbak Via rutin menulis artikel-artikel ringan berupa cerpen, review, tips, hingga kesehariannya. Bukan hanya sekadar hobi, beberapa tulisannya bahkan telah termaktub dalam berbagai buku antologi, yang sebagian merupakan hasil dari lomba nasional. Ia pernah menjadi konrtibutor yang ikut mengisi sebuah buku kisah inspiratif, berjudul Membangun Mimpi Anak Indonesia (Penerbit Ar-Rahman 2018).


 Beberapa judul Antologi lain yang Memuat Tulisan Via:

  • Sahabat Dunia Akhirat
  • The Secret Admirer
  • Pak Den dan Bu Wi
  • Kursi Ayah dan Ibu
  • Galaxy of Our First
  • Untukmu Aku Bertahan
Bercita-cita menjadi Pengusaha

Berkuliah di jurusan Agribisnis, menyukai dunia tulis-menulis, senang mengikuti berbagai lomba cerpen hingga karya tulis ilmiah, siapa sangka ternyata gadis penyuka warna hijau ini bercita-cita menjadi seorang pengusaha. Wah, semoga tercapai ya, mbak.

Berprestasi Saat Kuliah

Ternyata saat duduk di bangku kuliah, mbak Via produktif meraih prestasi apik, berikut adalah beberapa prestasi tersebut:


  • Penerima Beasiswa Tanoto Foundation Program National Champion Scholarship Angkatan 2014.
  • Juara 2 Mahasiswa Berprestasi Universitas Jambi 2015.
  • Juara 3 Lomba Pembuatan Film Profil Fakultas Pertanian Unja 2015.
  • Juara 1 Lomba Cerpen Pekan Seni Mahasiswa Daerah (Peksimida) Provinsi Jambi 2016 
  • Pemenang dan Penerima Dana Hibah dari berbagai program : 
    1. 10 Pemenang Program Kreativitas Mahasiswa Kewirausahaan (PKMK) Faperta Unja 2017 dan 2018 
    2. 81 Pemenang Program Mahasiswa Wirausaha (PMW) UNJA 2017.
    3. 4 Pemenang Program Kompetisi Bisnis Mahasiswa Indonesia (KBMI) UNJA oleh DIKTI 2017.
    4. 5 Pemenang Program Penumbuhan Wirausaha Muda Pertanian (PWMP) Fakultas Pertanian UNJA x Kementerian Pertanian 2018.

Nah, itu dia beberapa hal tentang mbak Via Rinzeani. Jika kalian ingin mengenalnya lebih lanjut, silahkan kepoin Mbak Via di:

Blog: Ragam Aksara
IG: viarinzeani
Facebook: viarinzeani
Twitter: viarinzeani


Tambahkan Komentar
EmoticonEmoticon